Laman

Rabu, 19 Januari 2011

Tugas Praktikum Maple 1

Praktikum Pendahuluan Matematika dengan Maple                                            : Sabtu, 01 Januari 2011

I.     Judul Praktikum
Adapun judul praktikum ini adalah ‘Pendahuluan Matematika dengan Maple’
II.    Tujuan Praktikum
Adapun tujuan praktikum ini adalah sebagai berikut.
2.1  Siswa dapat mengetahui prinsip dasar penggunaan Maple sebagai perbandingan dengan menggunakan kalkulator.
2.2  Siswa dapat terbiasa dengan tampilan, sinteks dalam mengontrol program Maple.
2.3  Siswa merasa dapat menggunakan alat bantu dalam menghadapi persoalan matematika yang cukup rumit.
III.     Alat dan Bahan Praktikum
Alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum ini adalah sebagai berikut
3.1  Alat
3.1.1       Perangkat computer
3.1.2       Software / program Maple-9.5 atau Maple-11
3.2  Bahan
3.2.1       20(dua puluh) soal-soal / persoalan Matematika sederhana yang dapat dikejakan dengan kalkulator
3.2.2       20(dua puluh) soal-soal dalam Buku Matematika kelas I
3.2.3       Manual / Penuntun Praktikum Pendahuluan Matematika Dengan Maple Yang Telah Dibaca Terlebih Dahulu
 

IV.      Pembahasan
Dari hasil praktikum dapat diketahui bahwa Maple mempunyai banyka keunggulan disbanding dengan alat bantu yang lain (pada praktikum ini digunakan kalkulator sebagai alat bantu lain). Hanya dengan mengetikkan soal dan menekan enter maka jawaban secara otomatis muncul.
Maple adalah suatu software (perangkat lunak) matematika yang dapat membantu penggunaannya melakukan pengerjaan rutin matematis. Kelebihan Maple adalah penggunaannya tidak hanya dapat melakukan operasi matematika secara numerik tetapi juga secara simbolis. Jadi maple dikenal pula sebagai simbolik manipulation language.
Pada bagian perhitungan sederhana ini, akan diperlihatkan perhitungan sederhana yang menyerupai perhitungan dengan kalkulator sekedar memberikan ide dan pemahaman yang akan menjadi penghantar pemahaman lanjutan. Disini akan diperlihatkan cara Maple menghasilkan perhitungan dalam bentuk eksak maupun pendekatan (aproksimasi).
Melakukan perhitungan dengan Maple bisa dilakukan dengan langsung. Bila ingin menulis pernyataan matematis ganti menu toolbar menjadi ‘Math’ kemudian akhiri dengan tanda titik-koma (;). Selanjutnya tekan tombool [enter] untuk mengeksekusi baris yang berisi pernyataan matematis tadi dan hasilnya akan diperlihatkan dibawahnya dengan warna biru. Bila ingin menyembunyikan output (yaitu pernyataan tertulis dalam warna biru) cukup diakhiri dengan tanda titik-dua (:) pada pernyataan yang tertulis.
Tidak seperti kalkulator, Maple akan memberikan hasil eksak untuk keseluruhan perhitungan. Sebagai perbandingan dalam menghitung perpangkatan Maple menghitungnya hingga 61 digit tanpa pemotongan.
Ø   Dalam melakukan perkalian, yang diketik adalah (*) namun yang tampak adalah (.)
Ø   Dalam melakukan perpangkatan, yang diketik adalah (^) namun secara otomatis terlihat superscript
Ø   Dalam melakukan pemabagian Maple secara otomatis juga memberikan pengetikan yang lebih baik
Ø   Sqrt(2) merupakan perintah mencari akar dari 2 (square root)
Maple dapat juga melakukan perhitungan pecahan tanpa harus mengkonversikannya ke decimal telebih dahulu. Kelebihan maple disbanding hal ini adalah tidak terbatas dengan banyaknya jumlah digit sebagaimana dalam kalkulator.
Di dalam maple terdapat lebih banyak lagi besaran konstan daripada dalam kalkulator. Pemberian nilai kepada variabel memori dapat juga dilakukan sebagaimana dengan kalkulator.
Yang harus diperhatika dan disadari adalah bahwa maple merupakan software yang case sensitif dimana maple membedakan variabel yang menggunakan huruf kecil dan huruf besar.
Secara default, perintah evalf akan memberikan hasil dengan akurasi hingga 10 bilangan decimal. Tetapi jumlah itu bisa ditentukan secara manual dengan menuliskan jumlah bilangan yang diinginkan. Perintah evalf juga bisa digunakan pada urutan (sequence) bilangan.
Variabel yang telah digunakan, akan senantiasa diingat oleh Maple. Untuk menggantikan nilai variabel tersebut, cukup dilakukan dengan pendefenisian baru dengan cara yang sama seperti pendefenisian sebelumnya yakni dengan menggunakan titik dua (:) dan sama dengan (=). Isi pendefenisian yang terakhirlah yang merupakan isi dari variabel tersebut. Variabel dapat pula dibersihkan dengan perintah unassign (a). Bila telah terdapat banyak variabel yang digunakan dan akan dibersihkan keseluruhannya, dapat dilakukan dengan perintah restart.
Sebagaiman lazimnya pada matematika, terdapat nilai yang tidak terdefinisi. Untuk hal ini, maple akan menampilakan pesan error.


V.     Jawaban Pertanyaan
1.     Apa persamaan dan perbedaan alat bantu yang sudah dikenal siswa dengan Maple?
·         Alat bantu matematika sangatlah diperlukan oleh sebagian besar orang untuk beraktivitas dalam kehidapan sehari-hari. Seperti yang diketahui bahwa Maple dan alat bantu lain berfungsi membantu dalam menyelesaikan masalah perhitungan matematika. Akan tetapi, alat bantu yang lain hanya dapat menyelesaikan persoalan matematika dalam bentuk numeric dan sangat sederhana. Sangat berbeda dengan Maple. Meskipun Maple memiliki banyak kelebihan, namun masih banyak orang yang menggunakan alat bantu yang lain. Hal itu dikarenakan maple merupakan sebuah software sehingga masih banyak orang yang belum menggetahui cara penggunannya. Selain itu, juga karena alat bantu lain lebih praktis dibawa ke mana-mana.
2.     Apa kelebihan Maple dibandingkan dengan alat bantu biasa?
·         Penggunaanya tidak hanya dapat melakukan operasi matematika secara numeric tetapi juga secara simbolis
·         Melakukan perhitungan dengan Maple bisa dilakukan dengan langsung
·         Maple akan memberikan hasil eksak
·         Maple dapat juga melakukan perhitungan pecahan tanpa harus mengkonversikannya ke decimal telebih dahulu
·         tidak terbatas dengan banyaknya jumlah digit sebagaimana dalam kalkulator


VI.Kesimpulan
Dari hasil praktikum di atas, dapat disimpukan bahwa dengan menggunakan Maple kita lebih mudah mengerjakan soal-soal melalui operasi matematika secara numerik maupun secara simbolis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...